English Version | Bahasa Indonesia
  • Meninjau Sejarah Adikarta dalam Perda Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo (Perda No 7 Tahun 1986)

    June 28, 2012 13:16

    Kabupaten Kulon Progo adalah kabupaten termuda di Daerah Istimewa Yogyakarta. Berdiri pada tahun 1951 berdasarkan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 1951, kabupaten ini merupakan penggabungan dari dua kabupaten, yaitu Kabupaten Kulon Progo (bekas wilayah Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat) dan Kabupaten Adikarta (bekas wilayah Kadipaten Pakualaman) yang keduanya bersama kabupaten lain dikukuhkan sebagai wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ... »

  • Strategi Perang Raja-raja Jawa pada Abad Ke 8-15 Masehi

    October 29, 2011 14:26

    Dari karya-karya sastra masa Jawa Kuno terdapat gambaran bahwa pada masa itu telah dikenal strategi perang yang disebut byūha atau wyūha. Strategi perang yang disebutkan dalam karya-karya sastra itu hanya empat berasal dari Arthaśāstra (India) dan sisanya adalah strategi perang Jawa asli. »

  • Perjanjian 1888: Suatu Harapan dan Kekecewaan

    September 17, 2011 14:43

    Abad ke -19 adalah kurun yang sangat mencabar bagi Negara Brunei Darussalam. Abad tersebut merupakan abad di mana negara-negara di Asia Tenggara menghadapi arus hubungan, ancaman dan penjajahan daripada kuasa-kuasa barat. Negara Brunei Darussalam tidak terkecuali daripada arus tersebut. »

  • Karya Sastra Jawa Kuno yang Diabaikan pada Relief Candi-candi Abad ke-13-15 M

    June 30, 2011 14:40

    Karya sastra Jawa Kuno kaya dengan bermacam tema yang antara lain berhubungan dengan panutan kehidupan, nilai-nilai kebajikan, dan gagasan-gagasan yang baik lainnya, namun sukar untuk dipahami karena dituangkan dalam bentuk filosofis. Oleh karena itu dalam kajian ini karya sastra Jawa Kuno akan ditelisik prinsip dasar alur kisahnya sehingga dapat diketahui beberapa alasan yang membuat suatu kisah dipahatkan dalam bentuk relief dengan berbagai ... »

  • Tradisi Sekaten di Keraton Kasunanan Surakarta

    May 07, 2011 14:27

    Asal-usul diselenggarakannya upacara Sekaten adalah sejak masa Kesultanan Demak sebagai pusat agama Islam oleh Raden Patah dan Wali Songo. Penyebaran Islam dilakukan dengan mengakulturasikan budaya setempat dengan ajaran Islam. Untuk itu, dibuatlah suatu momentum yang bertepatan dengan hari kelahiran Nabi Muhammad, yaitu dakwah dengan menggunakan media gamelan. Masyarakat pun tertarik, dan mereka yang datang ke masjid diberikan dakwah serta ... »

  • Alun-alun sebagai Identitas Kota Jawa, Dulu dan Sekarang

    May 07, 2011 14:21

    Setiap orang yang berkeliling ke kota-kota di Jawa, mulai dari Jawa Barat sampai ke Jawa Timur, pasti menjumpai alun-alun pada pusat kota lamanya. Konsep penataan alun-alun pada kota-kota di Jawa ini sebenarnya sudah ada sejak jaman prakolonial dulu. Jadi alun-alun sebenarnya berpotensi untuk menjadi salah satu identitas bagi kota-kota di P. Jawa. Hal ini penting mengingat sekarang kita sedang dilanda krisis identitas baik dalam bidang ... »

  • Kajian Arkeologi Mengenai Keraton Surosowan Banten Lama, Banten

    April 29, 2011 11:40

    Penelitian ini adalah kegiatan arkeologi, baik kegiatan lapangan maupun non-lapangan. Fokus penelitian ini adalah mengetahui bentuk, penataan, dan fungsi ruang dan atau bangunan, khususnya struktur bangunan bagian bawah yang masih tampak di dalam Keraton Surosowan. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan metode ekskavasi, studi kepustakaan, analisis artefak dan fitur, analisis khusus, serta rekonstruksi. »

  • Perwujudan Masyarakat Madani Didukung oleh Pematangan Budaya Lokal dan Praktek Keimanan yang Membumi

    January 25, 2011 08:57

    Berkat Rahmat Tuhan yang Maha Esa, kita dapat hadir di sini untuk mengusung niat luhur, mengkaji, mencari solusi dan menentukan pendekatan strategis bagi pencapaian kehidupan yang lebih baik di bumi Khatulistiwa, yaitu terwujudnya masyarakat Madani dalam bingkai multikultur. »

  • Fenomena Munculnya Kembali Primordialisme dan Peran Istana atau Kraton di Kalimantan

    January 25, 2011 08:48

    Saat ini, ancaman disintegrasi bangsa adalah masalah utama bagi kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Adalah sangat tepat diadakannya simposium nasional mengenai peranan nilai-nilai tradisional dalam kehidupan modern bangsa kita, yang kita lakukan saat ini. Seberapa jauh peranan nilai tradisional tesebut dapat mengurangi kemungkinan disentegrasi tersebut, tentu perlu dikaji secara mendalam. »

  • Menempatkan Kraton dan Lembaga Adat Sebagai Sumber Budaya Demi Ketahanan Nasional Bangsa

    January 24, 2011 15:58

    Pembangunan yang telah dilakukan oleh berbagai bangsa di dunia selama ini telah menjadikan bangsa-bangsa tersebut mengalami berbagai kemajuan di segala bidang dalam sendi kehidupan masyarakatnya. Kemajuan yang terjadi juga berakibat pada perubahan sosial budaya masyarakat, pergeseran dari nilai tradisional menjadi modern. Hal ini ditandai dengan kebebasan dan kemudahan berkomunikasi dan transportasi dari tempat asalnya ke tempat lain yang ... »

 1 2 >