English Version | Bahasa Indonesia
  • Mengenang Sumbangsih Keturunan Pakualaman dalam Perjuangan Bangsa

    June 28, 2012 13:07

    Oleh: Mona Kriesdinar Kontribusi Trah Kadipaten Pakualaman banyak yang tidak terdengar. Padahal, keturunannya banyak memberikan sumbangan pemikiran dan perjuangan baik itu dalam bidang politik, pendidikan, sosial maupun budaya. Satu hal yang menjadi perhatian Sudibyo, dari Fakultas Ilmu Budaya UGM yang menjadi seorang pembicara di Sarasehan Hadeging Projo Kadipaten Puro Pakualaman, ia lebih tertarik untuk memaparkan peran dua orang tokoh besar ... »

  • Chiang Mai - Chiang Rai: Warisan Raja Mengrai dari Kerajaan Lannathai

    February 28, 2012 11:21

    Chiang Mai dan Chiang Rai, dua provinsi tujuan wisata di kawasan pegunungan Thailand Utara ini hampir mirip satu sama lain, seperti mawar kembar dari utara. Wisata alam dan budayanya, sajian kulinernya, produk kerajinannya, bahkan candi-candinya. Jangan heran, sebab kedua wilayah ini dibangun oleh Raja Mengrai dari Kerajaan Lannathai. Ia meninggalkan banyak candi di kedua provinsi. Dengan kemampuannya berdiplomasi dan sikapnya yang terbuka serta ... »

  • Jejak Mataram Kuno di Sindoro

    February 22, 2012 08:55

    Di kaki Gunung Sindoro, terik matahari terasa menyengat. Peluh membasahi tubuh Yanto (32), penambang dan petani di Dusun Liyangan, Desa Purbosari, Temanggung, Jawa Tengah. Namun, ia tak surut mendongkel batu besar yang tertanam lekat di dinding terjal dengan linggisnya. "Kami ingin melandaikan dinding terjal ini. Setelah itu, kami uruk dengan tanah permukaan lagi agar subur dan bisa ditanami," ujar Yanto sambil terus menancapkan linggis. »

  • Potensi Candi Muaro Jambi

    December 01, 2011 10:00

    Keberadaan situs bersejarah kompleks Candi Muaro Jambi memiliki potensi luar biasa untuk digali dan dikembangkan. Puluhan, bahkan tak menutup kemungkinan ratusan, benda-benda bersejarah peninggalan Kerajaan Melayu, baik Kerajaan Melayu Jambi (Dharmasraya), Pagaruyung, maupun Sriwijaya kemungkinan besar masih bisa dikuak keberadaannya. Misteri yang masih tersimpan di balik tanah, maupun peninggalan yang sudah berhasil diekskavasi sangat potensial ... »

  • Rumah Raja (Omo Sebua) dalam Arsitektur Tradisional Nias Selatan

    Nopember 17, 2011 12:17

    Latar belakang sering berperang, faktor pertahanan desa serta letak geografis di daerah perbukitan boleh jadi menginspirasi pemilihan atau penentuan lokasi desa di atas bukit. Dibangun pada masa kebudayaan megalitikum, tangga-tangga yang menjadi solusi pencapaian menuju lokasi permukiman di Nias Selatan terbuat dari batu alam yang disusun rapi. »

  • Keris, Lambang Kedigdayaan Ksatria Nusantara

    October 29, 2011 11:43

    Di pendopo agung Keraton Singosari, tiga prajurit utusan Kubilai Khan meminta kerajaan-kerajaan di Jawa takluk dan membayar upeti. Saat itu, ketangguhan pasukan berkuda Mongolia tidak tertandingi. Konon, mendengar namanya saja para raja gemetar ketakutan. »

  • Menelusuri Jejak Samar Naskah Ulu

    October 14, 2011 10:50

    Menggali kembali naskah Ulu ibarat menelusuri jejak yang samar. Serat kuno peninggalan masyarakat bagian ulu Sungai Musi itu tercecer dalam masyarakat dan di luar negeri. Sering kali naskah beraksara Kaganga ditemukan dalam keadaan sepenggal-sepenggal hingga sulit diketahui isinya. Ketiadaan dana dan hilangnya generasi yang mampu membacanya ikut mempersulit upaya pemerhati serat Ulu dan aksara Kaganga Sumatera Selatan, Ahmad Rapanie Igama, untuk ... »

  • Hulu Keris Merekam Jejak Keberagaman

    October 08, 2011 14:36

    Keris merupakan senjata tikam tradisional Indonesia yang berbentuk khas. Berbeda dengan senjata lain, seperti tombak, belati, atau pedang, keris bukan sekadar alat untuk membunuh lawan. Benda ini sarat dengan nilai-nilai simbolik. »

  • Mendiskusikan Sekala Brak

    October 01, 2011 14:39

    Esai Sekala, Siger, Borobudur yang ditulis Henry Susanto berturut-turut di Lampung Post, 7 dan 14 Agustus 2011, menarik untuk didiskusikan. Dalam esainya, Henry Susanto memperkenalkan teori baru terkait banyak hal dalam arus utama (mainstream) kepenulisan sejarah yang selama ini dikenal publik. »

  • Sekala, Siger, Borobudur

    September 22, 2011 15:36

    Kisah ini dimulai dari sejarah migrasi orang-orang dari negeri Hindustan (India) menyebar ke Nusantara yang terjadi ketika meletus perang besar Hindu-Buddha di daerah tersebut pada sekitar 100 tahun SM. Perang itu diabadikan dalam cerita sastra India yang sangat terkenal, yaitu Maha Bharata. Kekuatan Hindu yang berhasil menguasai kekuatan politik dan militer di India saat itu berhasil mendesak kekuatan Buddha hingga menyingkir ke ujung selatan ... »

 1 2 3 >  Last ›